Reuni Keluarga Adonara Jawa Timur, Kukuhkan Adonara Sebagai Miniatur Kebhinekaan.

Reuni Keluarga Adonara Jawa Timur, Kukuhkan Adonara Sebagai Miniatur Kebhinekaan.
Masyarakat Adonara Diaspora,  yang tinggal  di Jawa Timur akan melangsungkan reuni.
Menurut rencana reuni akan berlangsung di Gedung Golkar Jawa Timur, Jalan Ahmad Yani 311,  Surabaya, Sabtu (11/01/2014).
Acara inipun sekaligus mengukuhkan Adonara sebagai miniatur kebhinekaan Indonesia.
Kegiatan reuni ini sekaligus sebagai  kegiatan silatuhrami Idul Fitri, Natal dan Tahun baru Bersama dalam warna kearifan budaya lokal.
Dengan mengambil TEMA
“PAI HODI KODA, PUIN UIN’RO TOU GAHAN KAHAN’RO EHA’N TAAN PUNE LEWO ADONARA GELEKAT TANAH INDONESIA, SAPE NAWA NAEN”
akan dimeriahkan dengan penampilan musik dari GEMA Band, Monolog ( renungan ), tarian Dana, tarian Lili serta teatrikal warna yang ditutup dengan acara dolo – dolo bersama.
Acara ini diselenggarakan oleh Ikatan keluarga Adonara Surabaya ( IKA-S )  sekaligus untuk membangun toleransi antar umat beragama, memupuk kekeluargaan antar masyarakat Adonara di Jawa Timur, melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan Lamaholot – Adonara serta mengukuhkan Adonara sebagai miniatur kebhinekaan Indonesia.
Budaya lokal Lamaholot (Adonara) yang beraneka ragam merupakan warisan budaya yang wajib dilestarikan. “Ketika daerah lain yang hanya sedikit mempunyai warisan budaya lokal berusaha keras untuk dilestarikan demi sebuah identitas, maka sungguh naif jika Adonara yang memiliki banyak warisan budaya lokal lantas mengabaikan kerja pelestarian demi menggapai burung terbang sementara punai di tangan dilepaskan.
Persolan kearifan budaya lokal seringkali diabaikan, dianggap tidak relevan dengan masa sekarang apalagi masa depan.” Dampak yang ditimbulkan adalah banyak warisan budaya yang lapuk dimakan usia, terlantar, terabaikan bahkan dilecehkan eksitensinya,”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar