Apakah Sebenarnya Kesetiaan Itu?



Apakah Sebenarnya Kesetiaan Itu?

Setia dalam makna manusia berarti “sikap seseorang yang tidak mau atau tidak akan pernah mengkhianati segala sesuatu yang sangat dicintai”. Setia mempunyai makna yang sangat luas.

Yang pertama: setia adalah sikap dimana engkau selalu menjaga dan menutup setiap lubang kecacatan dalam hatimu. Inilah sikap setia yang paling dasar karena jika engkau tidak setia pada diri sendiri, engkau akan mudah sekali diterpa angin kehidupan yang berubah-ubah.


Kemudian yang kedua: setia adalah saat dimana engkau tidak pernah mengkhianati siapa pun yang engkau cintai, baik itu kekasih, orang tua, atau bahkan sahabat yang satu hati denganmu. Ini setingkat lebih tinggi dari setia pada diri karena tanpa setia jenis ini, engkau akan sulit bergaul dan membaur dengan sesamamu.

Yang ketiga: setia adalah saat dimana kau selalu mematuhi siapa pun yang memerintah atau mengajakmu. Sikap setia ini penting agar terciptanya kedisiplinan dan ketaatan pada pemimpin atau atasanmu. Namun, sikap setia ini bisa menjadi bom waktu jika engkau mematuhi segala hal yang tidak baik.

Dan yang terakhir: setia adalah saat dimana engkau selalu mencintai dan mematuhi segala perintah serta menjauhi segala larangan dari Dia (Tuhan), Dia yang tidak bisa kau lihat tetapi bisa kau rasakan dengan hatimu. Tipe setia inilah yang paling tinggi tingkatannya. Dengan setia kepada Tuhan, hatimu akan tentram dan tidak akan gelisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar